Rabu, 14 November 2018

Evolusi ERP


Pengertian ERP

http://abouttmc.com/wp-content/uploads/2016/03/Everything-You-Need-to-Know-About-Microsoft-Dynamics-GP-2016.jpg#keepProtocol

ERP singkatam dari 3 elemen kata yaitu, Enterprise (perusahaan/organisasi), resource (sumber daya), planning (perencanaan).
Enterprise Resource Planing (ERP) merupakan  aplikasi sistem informasi manajemen terintegrassi untuk bisnis/organisasi yang mencakup multi fungsionalitas seperti penjualan, pembelian, produksi, gudang, akuntansi & finansial penggajian sumber daya manusia. Dengan tujuan ERP untuk mengkoordinasikan bisnis organisasi secara keseluruhan, sistem ini nanti akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia. Selain tujuan Enterprise Resource Planing (ERP) juga memiliki beberapa manfaat antara lain:

a.       Integrasi data keuangan

Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.

b.      Standarisasi Proses Operasi

Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice terjadi peningkatan produktivitas, penurunan infisisensi dan peningkatan kualitas produk.

c.       Standarisasi Data dan Informasi

Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unti dengan jumlah dan jenis bisnis yang berbeda-beda.

https://gbeaubouef.files.wordpress.com/2012/08/erp-maturity-trends.jpg

Sejarah Perkembangan ERP

ERP berkembang dari Manufacturing Resource Planning (MRP 11) dimana MRP 11 sendiri adalah hasil evolusi dari material Requirement Planning (MRP) yang berkembang sebelumnya. Sistem ERP biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan, pengapalan invoice dan akunting perusahaan.

Tahap – tahap Evolusi ERP

a.       Tahap I : Material Requirement Planning (MRP) merupakan cikal bakal dari ERP, dengan konsep perencanaan kebutuhan material.
b.      Tahap II : Slose-Loop MRP. Merupakan sederetan fungsi dan tidak hanaya terbatas pada MRP, terdiri atas alat bantu penyesuaian masalah prioritas dan adanya rencana yang dapat diubah atau diganti jika diperlukan.
c.       Tahap III : MRP-II merupakan pengembangan dari close-loop MRP yang ditambahkan 3 elemen yaitu: perencanaan penjualan dan operasi, antarmuka keuangan dan simulasi analisis dari kebutuhan yang diperlukan.
d.      Tahap IV : ERP merupakan perluasan dari MRP II yaitu perluasan pada beberapa proses bisnis diantaranya integrasi keuangan, rantai pasok dan meliputi lintas batas fungsi organisasi dan juga perusahaan dengan dilakukan secara mudah.
e.       Tahap V : Extended ERP (ERP II) merupakan perkembanagn dari ERP yang diluncurkan tahun 2000, serta lebih komplek dari ERP sebelumnya.

Software ERP

 Jadi Software ERP sangatlah penting dan sangat berguna bagi perusahaan Anda yang belum memakainya, Jika Anda ingin membeli Software ERP saya merekomendasikan untuk menghubungi Amanah Solution, selain menjual Software ERP Amanah Solution juga menjual beberapa produk Software seperti Software Inventori, Software Akuntansi, Software Invoice, Custom Software, dll.
Anda tidak perlu ragu untuk membeli produk dari Amanah Solution karena Amanah Solution dapat mengembangkan Software sesuai dengan kebutuhan / keinginan Anda, dan Amanah Solution akan membimbing Anda dalam menjalankan Software sampai bisa / menguasai.

 Di bawah ini adalah kontak Amanah Solution :

TELEPON/ SMS/ WHATSAPP  : 081216309410.
EMAIL: amanahsolution@yahoo.com,  admin@amanahsolution.com
SITE : http://manufaktur.amanahsolution.com
ALAMAT: Palazzo Park B-5039 Sidoarjo
FACEBOOK: facebook.com/AmanahSolution



Tidak ada komentar:

Posting Komentar